1.Pengertian Algoritma.
Algoritma secara singkat dapat didefinisikan sebagai
Langkah-langkah Sistematis dan Logis dalam menyelesaikan suatu masalah.
Dengan konsep Algoritma maka suatu permasalahan harus diselesaikan
secara Sistematis, Logis dan bisa diuji benar atau salahnya.
Karena Algoritma adalah sebuah konsep, maka tentu setiap orang bisa
mempunyai Algoritma yang berbeda-beda terhadap masalah yang sama. Contoh
ada suatu permasalahan X dan solusinya adalah Y, maka tiap orang bisa
mendapatkan Y dengan Algoritma mereke masing-masing, tidak harus sama
akan tetapi menghasilkan output yang sama yaitu Y.
Pada prakteknya penerapan Algoritma haruslah efisien. Efisien disini
artinya Cepat, Tepat dan Simple. Seperti kasus membuat Software
komputer, Software yang dibuat dengan Algoritma yang baik akan
menghasilkan software yang efisien, tidak banyak bugs dan tidak makan
banyak memory yang tidak perlu misalnya.
Penyajian Algoritma biasanya tertuang dalam bentuk
Pseudocode,
Flowchart, dan Diagram-diagram.
2.Contoh Algoritma
Menentukan Apakah Bilangan Tersebut Ganjil atau Genap
Terdapat bilangan yang bernama bilang bulat yaitu 0, 1, -1, 2, dst serta
bilangan asli 1, 2, 3, 4, 5, dst. Kedua jenis bilangan tersebut sering
digunakan dalam berhitung. Himpunan bilangan-bilangan bulat dalam buku
teks aljabar pada umumnya dinyatakan dengan lambang "Z" dan himpunan
bilangan-bilangan asli dinyatakan dengan lambang .
Algoritma guna menentukan apakah bilangan tersebut ganjil atau genap
dapat disajikan dengan flowchart seperti dibawah ini :
Bilangan genap merupakan sebuah bilangan bulat yang akan habis atau
tidak memiliki sisa jika dibagi 2 (dua). Bilangan ganjil merupakan
sebuah bilangan bulat yang tidak akan habis apabila dibagi 2 (dua).
Menghitung Keliling dan Luas Lingkaran
Lingkaran merupakan suatu himpunan dari semua titik-titik pada bidang
dalam jarak yang tertentu dan disebut dengan jari-jari dari titik
tertentu dan dapat disebut titik pusat. Lingkaran merupakan contoh dari
kurva tertutup sederhana, lingkaran membagi bidang menjadi bagian luar
dan dalam.
Algoritma menghitung keliling serta luas lingkaran dapat disajikan
dengan flowchart seperti dibawah ini :
Menampilkan Bilangan Ganjil Diantara 10 sampai 30
Bilangan ganjil yang terletak diantara 10 dan 30 11,13,15, dan
seterusnya. Namun, yang akan ditampilkan kecuali bilangan 21 dan 27.
Jadi output yang diharapkan dari algoritma tersebut adalah bilangan
ganjil 10 sampai 30 kecuali bilangan 21 dan 27.
Algoritma untuk menampilkan bilangan ganjil antara 10 hingga 30 kecuali
bilangan 21 dan 27 disajikan dengan flowchart dibawah ini :
Algoritma tahun Kabisat
Terdapat juga algoritma tahun kabisat. Tahun kabisat merupakan sebuah
tahun yang memiliki tambahan 1 hari dan bertujuan agar kalender dapat
sinkron dengan musim tahunan dan keadaan astronomi. Bulan Februari
memiliki 29 hari pada saat tahun kabisat. Tahun yang dapat untuk dibagi
dengan 4 adalah tahun kabisat.
Algoritma guna menentukan tahun kabisat jika disajikan dengan flowchart
seperti dibawah ini :
Menampilkan Bilangan Genap Mullai dari Angka 2 sampai n, Kecuali Bilangan Genap yang Kelipatan 4
Bilangan genap merupakan sebuah bilangan-bilangan bulat yang habis jika
dibagi 2. Deret yang ditampilkan dari algoritma kali ini merupakan deret
dari bilangan genap dari 2 hingga ke n kecuali bilangan yang merupakan
kelipatan 4. Algoritma tersebut dapat digambarkan dengan flowchart
seperti dibawah ini :
Menghitung Harga yang Dibayar Setelah Mendapatkan Sebuah Diskon
Ada juga algoritma yang dapat menghitung jumlah dari biaya yang harus
dibayar oleh sang pembeli setelah mendapatkan sebuah diskon 10% dengan
syarat jumlah dari total pembelian tersebut Rp.1.500.000,-
Algoritma guna menghitung besaran biaya tersebut dapat digambarkan
dengan flowchart seperti dibawah ini :
Jumlah barang memiliki sifat yang dinamik sesuai dengan input atau
masukkan dari user. Apabila jumlah total dari harga tersebut kurang
1500000 maka tidak mendapatkan sebuah diskon.
Mencari Maks dan Min dari suatu Deret Bilangan
Terdapat juga sebuah algoritma guna mencari nilai maks serta min dari
suatu n deret bilangan yang dimasukkan atau diinput oleh user. Algoritma
tersebut dapat disajikan dengan flowchart seperti dibawah ini :
Kalkulator Sederhana dari 2 Bilangan
Terdapat sebuah algoritma sebagai kalkulator sederhana untuk operasi
penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan. Kalkulator sederhana
ini hanya dapat melakukan perhitungan dari 2 bilangan yang diinput oleh
user.
Algoritma guna menghitung 2 bilangan dapat digambarkan dengan flowchart
seperti dibawah ini :
Menghitung Beberapa Angka dari Suatu Bilangan
Pada flowchart kali ini mengenai sebuah algoritma untuk menghitung
beberapa angka dari suatu bilangan yang dimasukkan atau diinput oleh
user. Berikut flowchart algoritma tersebut :
Membalik Sebuah Kalimat
Seperti yang kita ketahui sebelumnya tentang pengertian algoritma, bahwa
algoritma juga dapat untuk menampilkan sebuah kalimat namun dengan
urutan yang terbalik. Misalkan "woocara" dibalik menjadi "aracoow".
Struktur data yang digunakan ialah Stack. Untuk membalik sebuah
bilangan, huruf dari kalimat kita input dalam stack dengan menggunakan
metode Push. Setelah stack tersebut sudah terisi, maka output kembali
dengan memakai metode Pop.
Pada algoritma membalik sebuah kalimat, adanya penggunaan struktur data
stack diimplementasikan ke array. Dalam implementasinya ke array
tersebut, kita harus terlebih dahulu menyiapkan sebuah array dengan
memiliki panjang yang sama dengan jumlah huruf yang ada dalam kalimat
yang akan dibalik tersebut.
Pada gambar flowchart dibawah ini, terdapat tiap huruf dari kalimat yang
diinput pada array dengan index ke-0 hingga ke-n dengan memakai metode
push.
3.Flowchart
* Membuat Nasi Goreng
Algoritma Membuat Nasi Goreng
- Nyalakan kompor gas
- Letakan wajan diatas kompor
- Tuangkan sedikit minyak goreng
- Masukan bumbu ke atas wajan
- Tuangkan nasi secukupnya
- Beri sedikit garam
- Coba rasakan pas atau tidak bumbunya
- Jika kurang garam tambahkan sedikit lagi
- Nasi goreng siap dinikmati
Flowchart Membuat Nasi Goreng
* Pemesanan Makanan
Algoritma Pemesanan Makanan
- Pertama pelanggan singgah ke rumah makan
- Pelanggan menentukan pilihan makanan melalui menu yang tersedia
- Jika makanan sesuai selera konsumen maka mereka akan jadi memesan, jika tidak maka tidak akan ada pemesanan
- Jika pelanggan jadi memesan maka menu akan terpilih
- Pelayanan akan melihat stok makanan, jika
tersedia maka akan dirposes jika tidak pelayan akan menyarankan konsumen
untuk memilih menu yang lain.
- Setelah diproses kosumen akan menerima makanan yang sudah dipesan
- Selanjutnya akan terjadi transaksi pembayaran di kasir
- Kasir akan memberikan kwitansi atau bukti pembayaran
- Jika semua tahap telah dilalui (makanan sudah dibayar) maka konsumen akan pergi meninggalkan rumah makan
Flowhcart Pemesanan Makanan
Komentar
Posting Komentar